Jelang Pilkada dan Tahun Politik, Parlindungan Purba Ajak Masyarakat Lawan Berita Hoax!


Menjelang pilkada atau tahun politik biasanya banyak beredar berita bohong atau hoax di media sosial. Untuk itu masyarakat diminta untuk tidak menyebarkan atau meneruskan berita hoax kepada orang lain sehingga tidak menimbulkan kegaduhan bahkan perpecahan. 

Hal ini disampaikan Parlindungan Purba anggota DPD RI asal Sumut saat melakukan sosialisasi empat pilar MPR RI di Aula Washington Hall Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia Medan (10/2/2018).

"Biasanya menjelang pilkada atau tahun politik ini banyak beredar berita hoax di media sosial, untuk itu masyarakat harus cerdas menyikapinya dengan tidak menyebarkan atau meneruskan berita hoax itu kepada orang lain,"kata Parlin.

Lebih lanjut Parlindungan Purba menjelaskan bahwa dampak beritu hoax bisa sangat buruk jika tersebar dan dipercaya oleh masyarakat. Dirinya mencontohkan berita hoax tentang telur palsu yang marak akhir-akhir ini. Dengan adanya berita hoax yang tidak benar tentang telur tersebut tentu akan membuat resah masyarakat. Masyarakat tentu akan enggan untuk membeli telur dan pengusaha telur pasti akan merugi karena orang takut untuk membeli telur. Tentu hal ini sangat merugikan. Menurutnya itu adalah contoh dampak buruk dari berita hoax tentang telur. Apalagi berita hoax itu tentang hal-hal yang sangat sensitif tentu akan berdampak negatif bahkan dapat merusak keutuhan NKRI. 

"Berita hoax itu sangat buruk dampaknya,  apalagi berita hoax itu menyangkut hal yang sensitif tentu berdampak negatif bahkan dapat merusak keutuhan NKRI,"jelasnya.

Parlindungan Purba yang juga Ketua Komite II DPD RI ini menghimbau kepada masyarakat untuk bersikap cerdas dalam memilih dan memilah informasi di era internet ini. Masyarakat harus melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap semua informasi sebelum mencerna atau menyebarkannya kepada orang lain. Karena menyebarkan atau memberikan informasi buruk di internet bisa terancaman pidana pasal 310 dan 311 KUHP dan Undang-Undang ITE.

"Cek dulu informasi yang ingin disebarkan, apa dapat merugikan orang lain atau tidak, jangan sampai bersinggungan dengan hukum," katanya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Jelang Pilkada dan Tahun Politik, Parlindungan Purba Ajak Masyarakat Lawan Berita Hoax!"

Posting Komentar