Program Pengabdian Masyarakat FP USU Ciptakan Pupuk Organik dan Nata de Coco dari Limbah Kelapa

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat di Kelompok Wanita Tani Mekar Jaya  yang berjudul “Penerapan Teknologi Pengolahan Limbah Kelapa Sebagai Pupuk Organik dan Nata de Coco”  merupakan kegiatan pengabdian dengan melibatkan dua mitra, yaitu Kelompok Tani  Bakti Karya dan Kelompok Wanita Tani Mekar Jaya merupakan dua kelompok tani yang aktif  dalam budidaya dan pengolahan kelapa di Desa Asahan Mati, Kecamatan Tanjung Balai  Kabupaten Asahan. 

Permasalah yang dihadapi adalah rendahnya kuantitas dan kualitas produksi  kelapa yang disebabkan oleh keterbatasan informasi mengenai kultur teknis budidaya kelapa terutama aspek pengendalian hama penyakit dan pemupukan. 

Selain itu keberadaan limbah jerami  kelapa berupa pelepah dan daun serta air kelapa yang jumlahnya sangat besar menjadi permasalah tersendiri karena berpotensi menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan dan menjadi sarang hama.   

Untuk dapat memecahkan masalah ke dua Mitra tersebut, maka kegiatan ini dilaksanakan  dalam bentuk ceramah, diskusi, praktek dan introduksi mesin pencacah limbah kelapa berupa daun dan pelepah untuk dijadikan bahan baku pupuk organik, introduksi bibit kelapa hibrida dan peralatan pengolahan limbah air kelapa untuk pembuatan nata de coco.   

Setelah pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mitra telah mampu membuat membuat pupuk organik bokashi dengan memanfaatkan limbah tanaman kelapa dengan menggungkan mesin cacah yang diintroduksikan, praktek budidaya kelapa hibrida, dan pengolahan limbah air kelapa menjadi nata de coco. Hasil dari kegiatan ini dapat meningkatkan produksi kelapa hibrida sekaligus menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh Darma Bakti, Ridwansya, dan Isman Nuriadi yang merupakan Dosen di Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.
Program ini terlaksana berkat kerjasama Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU, dan Kelompok Tani  Bakti Karya dan Kelompok Wanita Tani Mekar Jaya Kabupaten Asahan. Pengabdian Masyarakat ini memakai anggaran Mono Tahun Dana Non PNBP USU 2017 dengan Surat Perjanjian Penugasan Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor : 3221/UN5.2.3.2.1/PPM/2017, Tanggal 24 Juli 2017. [src]

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Program Pengabdian Masyarakat FP USU Ciptakan Pupuk Organik dan Nata de Coco dari Limbah Kelapa"

Posting Komentar